Tips Cara Mencuci Boneka

10 April 2014

Pernahkah Anda menemukan boneka kesayangan Anda kotor tetapi tidak tahu bagaimana cara mencuci atau membersihkannya? Nah, berikut ini Pabrik Boneka Promosi akan mencoba berbagi tips bagaimana mencuci dan membersihkan boneka dengan aman tanpa merusaknya.

Pada prinsipnya mencuci dan membersihkan boneka bisa menggunakan 4 cara:

A.    Menggunakan Kain Basah

Membersihkan menggunakan kain basah ini dapat dilakukan jika boneka terbuat dari bahan yang bulunya mudah rontok dan boneka tersebut hanya berdebu (tidak terlalu kotor). Caranya sebagai berikut:

  1. Ambil sebuah lap dari bahan yang lembut.
  2. Basahi lap dengan air hangat. Jangan terlalu panas karena justru akan merusak bahan boneka.
  3. Seka semua bagian boneka dengan lap yang sudah dibasahi tersebut.
  4. Setelah semua bagian terseka, lakukan steaming menggunakan hand steamer sampai benar-benar kering.
  5. Langkah terakhir, semprotkan pewangi pakaian secukupnya pada boneka.
  6. Boneka Anda pun sudah bersih kembali.

B.    Menggunakan Air

Jika boneka kotor sekali Anda dapat mencucinya menggunakan mesin cuci. Tetapi mencuci boneka dengan cara ini harus hati-hati dan tidak boleh mencuci/menggilas boneka langsung karena akan merusak bahannya.

Berikut adalah langkah-langkah mencuci boneka menggunakan air:

  1. Siapkan sebuah kantong kain (bisa menggunakan sarung bantal putih polos).
  2. Masukkan boneka ke dalam kantong kemudian ikat rapat-rapat. Tujuan memasukkan boneka ke dalam kantong kain ini adalah agar bulu boneka tidak mudah rontok ketika diputar/digilas di mesin cuci.
  3. Masukkan kantong berisi boneka ke dalam mesin cuci. Rendam dalam air dan masukkan sabun/deterjen secukupnya. Atur kecepatan putar mesin cuci ke kecepatan putar paling rendah (slow).
  4. Setelah selesai proses pencucian, bilas dengan air bersih. Perlu diketahui bahwa warna pada bahan boneka pada umumnya sangat mudah luntur. Jadi jangan menggunakan pelembut pakaian (softener) karena softener akan melunturkan warna bahan boneka.
  5. Setelah selesai dibilas, peraslah boneka dengan cara ditekan-tekan menggunakan tangan atau diinjak-injak dengan kaki jika boneka berukuran besar. Ini dilakukan untuk mengeluarkan sisa air di dalam boneka.
  6. Langkah selanjutnya adalah dikeringkan. Jika Anda ingin mengeringkan menggunakan mesin pengering, gunakan low heat mode (tidak terlalu panas). Setelah selesai dikeringkan, keluarkan boneka dari kantong dan selanjutnya tinggal dijemur. Tetapi jika Anda tidak ingin menggunakan mesin pengering, setelah diperas/diinjak-injak boneka dapat langsung dikeluarkan dari kantong dan dijemur.
  7. Jemur dan keringkan boneka dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh sampai benar-benar kering. Sebaiknya boneka tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung karena dapat memudarkan warna bahan.
  8. Setelah boneka benar-benar kering, jika boneka terbuat dari bahan berbulu lebat dan panjang, sisirlah boneka menggunakan sisir yang tidak terlalu rapat dan tumpul. Sisir dengan hati-hati agar bulu tidak rontok.
  9. Langkah terakhir, pastikan boneka sudah benar-benar kering agar tidak meninggalkan bau apek dan jamur. Semprotkan parfum laundry (parfum yang biasa digunakan di laundry) secukupnya agar boneka segar dan wangi. Parfum laundry ini cocok digunakan pada boneka karena tidak melunturkan warna dan tidak meninggalkan bekas noda.

C.    Menggunakan Steamer (Dry Clean)

Meskipun prosesnya lebih aman dan lebih cepat jika dibandingkan dengan mencuci menggunakan air, tetapi mencuci menggunakan steamer (Dry Clean) ini hanya cocok dipakai jika boneka tidak terlalu kotor. Dry Clean hanya akan membersihkan bagian luar boneka saja sementara bagian dalamnya (isi) tidak.

Cara membersihkan menggunakan steamer sebagai berikut:

  1. Semprotkan Dry Clean (PCE) ke seluruh bagian boneka. Diamkan selama +/- 3 menit lalu di-steamer. Proses steamer ini adalah untuk menghisap debu dan mematikan kuman-kuman yang ada di boneka tersebut.
  2. Selanjutnya dapat disemprotkan pewangi secukupnya agar boneka fresh dan harum.

D.    Menggunakan Baking Soda

Cara ini tepat digunakan untuk membersihkan boneka yang sudah tua atau boneka yang terbuat dari bahan berbulu yang mudah sekali rontok. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kertas atau kantong plastik dan baking soda. Anda bisa membeli baking soda di toko kue.
  2. Masukkan boneka ke dalam kantong dan masukkan baking soda secukupnya, kemudian tutup/ikat rapat-rapat.
  3. Kocok-kocok kantong agar baking soda tersebar merata ke seluruh bagian boneka. Kemudian diamkan selama +/- 15 menit.
  4. Keluarkan boneka dari kantong kemudian ditepuk-tepuk untuk membersihkan baking soda yang menempel.
  5. Siapkan kain lembut yang dibasahi air hangat, kemudian seka seluruh bagian boneka sampai bersih dari sisa-sisa baking soda.
  6. Setalah bersih Anda dapat memberikan uap steamer untuk membersihkan bagian dalam boneka. Tetapi sebelum itu pastikan baking soda sudah benar-benar bersih karena baking soda yang terkena uap steamer akan menggumpal dan berbusa sehingga meninggalkan bercak-bercak putih pada boneka.
  7. Terakhir Anda dapat menyemprotkan pewangi pada boneka agar boneka segar dan wangi.

Nah...mulai sekarang Anda dapat merawat dan membersihkan sendiri boneka kesayangan Anda agar tetap awet. Semoga tips ini bermanfaat.



Baca juga
  »
19 Maret 2014
Boneka Maskot Naval Exercise Komodo 2014
Boneka Maskot Event Naval Exercise Komodo 2014. Cocok digunakan sebagai boneka souvenir kenang-kenangan yang unik dan memorable.

  »
23 Januari 2014
Produsen Boneka di Jakarta
Pronesia adalah produsen boneka daerah Bandung-Jakarta. Pronesia memang beralamat di Bandung, tetapi melayani semua wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta.

  »
23 Januari 2014
Merchandise Boneka
Pronesia, Teman Setia Merchandise Boneka. Kami adalah Perseroan Terbatas yang menerima pemesana merchandise boneka. Badan usaha kami berlokasi di Bandung dan telah berpengalaman lebih dari sepuluh tahun menangani pemesanan produk boneka luar dan dalam kota.

  »
23 Januari 2014
Boneka Promosi Souvenir
Boneka souvenir promosi cantik dan unik untuk menaikkan citra merk/perusahaan, memberikan manfaat kepada konsumen sekaligus menancapkan memori/ingatan mereka kepada merk/perusahaan anda.

  »
23 Januari 2014
Boneka Maskot untuk Event
Cara tepat memasarkan produk secara luas karena Boneka Maskot menggambarkan citra perusahaan dan dapat digunakan sebagai gimmick pada event khusus perusahaan